URGENSI STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI BAITUL HAMDI KEC. TANETE RIATTANG BARAT KAB. BONE

Alpiana, . (2022) URGENSI STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI BAITUL HAMDI KEC. TANETE RIATTANG BARAT KAB. BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (630kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (636kB)

Abstract

Skripsi ini membahas urgensi strategi pengembangan kecerdasan interpersonal pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi dan bentuk strategi pengembangan kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogis dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kecerdasan interpersonal pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu: Pertama Kecerdasan Interpersonal siswa MI Baitul berkembang dapat dilihat dari berinterkasi berkomunikasi dan bekerjasama dengan temannya pada saat pembelajaran berlangsung, dengan adanya mata pelajaran IPS juga dapat membantu pengembangan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV MI Baitul Hamdi. Melalui pembelajaran IPS siswa akan lebih mengenal tentang lingkungan sekitar mereka, dengan memberikan contoh- contoh yang ada di sekitar mereka. Kedua pengembangan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran diwujudkan dengan dua strategi pengembangan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa sebagai berikut: startegi jigsaw dan strategi kelompok. Dengan penggunaan strategi jigsaw dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang saling bekerjasama, berinteraksi satu sama lain sedangkan strategi kelompok dilakukan secara bersama-sama mementingkan unsur interaksi kebersamaan dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 02 Jun 2022 06:41
Last Modified: 02 Jun 2022 06:41
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item