IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 70 LAMURUKUNG KABUPATEN BONE

Risna, . (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 70 LAMURUKUNG KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (275kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
bagian depan.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (334kB)

Abstract

Skripsi ini membahas, Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone, hal yang penting dikaji skripsi ini yaitu penerapan model pembelajaran tutor sebaya serta faktor pendukung dan penghambat pada pembelajar matematika di kelas V. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik, psikologis dan sosiologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone, pertama,Penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran matematika kelas V di SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone sudah diterapkan dengan pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center learning). Model ini diterapkan oleh guru matematika dan guru kelas di SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone akan tetapi dalam penerapanya masih ada kendala baik dari guru maupun dari siswa.Kedua,faktor pendukung dari penerapan model pembelajaran tutor sebaya meliputi interaksi antara guru dan siswa, minat siswa dan kenyamanan siswa , sedangkan faktor penghambat dari penerapan model pembelajaran tutor sebaya meliputi kurangnya persiapan tutor, kondisi siswa dalam kelas dan sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 02 Jun 2022 06:46
Last Modified: 02 Jun 2022 06:46
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1066

Actions (login required)

View Item View Item