Zakinah, Ayu (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DAN V DI SDN 24 MACANANG KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
01. SAMPUL.pdf Download (11kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (191kB) |
|
Text
PENGESHAN.pdf Download (253kB) |
|
Text
02. KP, DI, Abs, Transliterasi.pdf Download (262kB) |
|
Text
03. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
|
Text
06. BAB IV PENUTUP.pdf Download (21kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana Peranan serta faktor Pendukung dan Penghambat Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan teologis normatif, paedagogis, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu sudahbaik, dimana guru pendidikan agama islam telah melaksanakan beberapa kegiatan yang menunjang peranannya dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V. Adapun peranannya antara lain memberikan wejangan, memberikan hadiah (reward), memberikan hukuman (punishment), penggunaan media pembelajaran, senandung asmaul husna dan lagu anak sholeh “rajin mengaji”, menciptakan kondisi yang baik didalam kelas, melaksanakan literasi Al-Qur’an, dan melaksanakan uji kompetensi bebas buta aksara Al-Qur’an. Kedua faktor pendukung dan penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V yaitu berasal dari motivasi siswa itu sendiri, sarana dan prasarana yang tersedia serta dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V yaitu keterbatasan waktu dan minimnya guru pendidikan agama islam serta perbedaan intelegensi dan latar belakang siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 07:07 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 07:07 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1068 |
Actions (login required)
View Item |