Ummah, Ikhwanul (2022) URGENSI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TAKKALALLA KABUPATEN WAJO. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL.pdf Download (245kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (197kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (243kB) |
|
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB I UMMAH asli.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (90kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo”. Hal yang penting dibahas dalam skripsi ini yaitu pertama untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demostrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo. Kedua untuk mengetahui bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla kab.Wajo. Dalam mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif (qualitatif research) dengan menggunakan pendekatan paedagogik, dan pendekatan psikologis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, bagaimana penerapan metode demostrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo mengenai metode demonstrasi masuk dalam kategori cukup dan masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Kedua bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla kab.Wajo yakni dalam proses pembelajaran dikelas, guru PAI menguasai materi terlebih dahulu kemudian memilih media dan metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Selain itu, guru PAI mengadakan Praktek shalat guna untuk mengaplikasikan teori yang diajarkan dalam proses pembelajaran dikelas. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa apabila dalam proses belajar mengajar guru menggunakan metode pembelajaran yang tepat, maka akan meningkatkan pemahaman peserta didik, karena metode ini cenderung mengarah ke praktek dibandingkan teori yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik masa kini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:05 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:05 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1079 |
Actions (login required)
View Item |