Safitri, Vira (2022) PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP IMPLEMENTAS PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH AT-THAHIRIYAH COMPONGE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf Download (17kB) |
|
Text
PERNYATAAN 1.pdf Download (46kB) |
|
Text
PERSETUJUAN 1.pdf Download (57kB) |
|
Text
PENGESAHAN 1.pdf Download (76kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR-TRANSLITERASI.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (266kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang persepsi guru kelas terhadap implementasi pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi guru kelas, hal-hal yang dapat mempengaruhi penerapan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 serta persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At- Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik dan sosiologis. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi guru kelas tentang pembelajaran tematik terpadu di MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni melakukan kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan indikator pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran sekarang dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui konsep- konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara guru memotivasi siswa dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator). 2) Persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidayah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yakni cukup baik apabila dipandang dari segi persiapan dan implementasi. Dari aspek perispakan yang dilakukan yakni menyiapkan dan memahami buku siswa dan buku guru, membuat RPP dengan beberapa penyesuaian yang disesuaikan untuk kebutuhan peserta didik, menyediakan alat dan media pembelajaran yang akan digunakan. Sedangkan dari aspek implementasi pelaksanaan sudah sesuai dengan pembelajaran tematik integratif, yaitu tidak terlihat pemisahan antar beberapa mata pelajaran yang dipadukan, dan sudah menggunakan tema dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di MI At- Thahiriyah Componge Kabupaten Bone yaitu seperti halnya fasilitas sekolah yang minim, masih minimnya pengetahuan guru atau tenaga pengajar dalam penerapan kurikulum 2013. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan warga sekolah dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 03:33 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1106 |
Actions (login required)
View Item |