PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DDI WALIMPONG KEC. MARIORIWAWO KAB. SOPPENG

ERFANDI, . (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DDI WALIMPONG KEC. MARIORIWAWO KAB. SOPPENG. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
sampul.pdf

Download (125kB)
[img] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (685kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI Walimpong Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video animasi dalam mata pelajaran SKI, motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran SKI, dan kontribusi media pembelajaran video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs DDI Walimpong Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kusioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan normatif, paedagogis dan psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penggunaan media pembelajaran video animasi dari tahap perencanaan sampai dengan tahap pelaksanaan dalam kategori baik. Penggunaan video animasi pada siklus I dan II dilakukan dengan cara yang sama yaitu peneliti memperlihatkan sebuah video animasi kemudian video tersebut dikaitkan dengan materi ajar SKI. Kedua, Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media video animasi pada siklus I dan II yang dibuktikan dengan siswa sudah fokus, semangat, dan aktif bertanya dalam proses pembelajaran SKI. Ketiga, Hasil observasi dan kuesioner mengenai motivasi belajar dengan indikator ketekunan belajar, minat dan perhatian siswa dan mandiri dalam belajar mengalami peningkatan sampai dengan 90%. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada kontribusi dari penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs DDI Walimpong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:41
Last Modified: 08 Aug 2022 01:41
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item