ANALISIS PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI DI SDN 247 PADATUO

DASLIANA, . (2022) ANALISIS PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI DI SDN 247 PADATUO. Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of sampul.pdf] Text
sampul.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pengelolaan sarana dan
prasarana dalam menunjang pembelajaran peserta didik di masa pandemi di
SDN 247 Padatuo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis
pegelolaan sarana dan prasarana dan metode pembelajaran peserta didik
dimasa pandemi di SDN 247 Padatuo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif
(qualitative), dengan pendekatan manajemen dan pendekatan pedagogik.
Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengelolaan sarana dan
prasarana di SDN 247 Padatuo terlihat bahwa pihak yang terlibat dalam
manunjang kelancaran suatu Pendidikan sarana dan prasarana sesuai dengan fungsi
dan fasilitas yang ada di SDN 247 Padatuo. Hal ini dapat dilihat dari tenaga Pendidik
yang berpartisipasi dalam melakukan pengecekan, meskipun dalam pemeliharaan
semua guru yang terkait dalam suatu lembaga mempunyai tanggung jawab akan
sarana dan prasarana yang ada di sekolah. 2) metode pembelajaran peserta didik
di masa pandemi di SDN 247 Padatuo, telah disesuaikan dengan kondisi. Setelah
melakukan penelitian, tenaga kependidikan di sekolah ini yakni, komunikasi dalam
pembelajaran peserta didik dimana pengendalian dalam pembelajaran dengan cara
melakukan kunjungan disetiap rumah masing-masing peserta didik, dan membagi
kelompok-kelompok belajar peserta didik karena terkendala oleh jaringan internet
dan dimana sekolah di wajibkan belajar daring atau belajar jarak jauh. Media yang
digunakan berupa handpone untuk memudahkan belajar dan memberikan informasi,
dan metode yang digunakan cukup efektif yaitu metode e-learning adalah salah satu
penunjang pembelajaran peserta didik di masa pandemi karena tidak banyak
mengeluarkan biaya apalagi bagi peserta didik yang kurang mampu dan mobil
learning juga merupakan salah satu menunjang pembelajaran peserta didik di masa
pandemi karena di haruskan belajar daring atau belajar melalui jarak jauh dan
memanfaatkan alat teknologi seperti handpone untuk lebih memudahkan dalam
pembelajaran daring, sehingga dalam pembelajaran daring bisa berjalan dengan
efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:30
Last Modified: 29 Aug 2022 01:30
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item
View Item