IMPLEMENTASI NILAI DASADARMA PRAMUKA DISIPLIN, BERANI DAN SETIA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MIN 5 BONE KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE

HARFIANA PUTRI, HP (2021) IMPLEMENTASI NILAI DASADARMA PRAMUKA DISIPLIN, BERANI DAN SETIA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MIN 5 BONE KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI_merged.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Nilai DasaDarma Pramuka Disiplin, Berani dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani, dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa di MIN 5 Bone, Tantangan Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka Disiplin, Berani, dan Setia dalam Membentuk Karakter Siswa di MIN 5 Bone. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Nilai Dasadarma Pramuka Disiplin, Bernani, dan Setia membentuk karakter siswa MIN 5 Bone Kecamata Amali Kabupaten Bone pertama Menggunakan dua bentuk dalam proses pengimplementasiannya yaitu: bentuk pembinaan dalam ruangan (kelas) dan bentuk pembinaan luar ruangan (alam terbuka). Bentuk ini telah diimpementasikan oleh pembina pramuka baik putri maupun putra MIN 5 Bone Kecamatan Amali, akan tetapi dalam pengimplementasianya masih ada kendala baik itu dari segi pembina, siswa maupun keadaan. Kedua, Tantangan implementasi nilai dasadarma pramuka disiplin, berani, dan setia dalam membentuk karakter siswa di MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone yaitu adanya Covid 19 tidak memperbolehkan proses penerapan ini berjalan sesuai jadwal yang telah di tetapkan, adanya keterbatasan prasarana, lingkungan Madrasah kurang kondusif mengakibatkan siswa kurang fokus pada saat pembinaan berlangsung dan penggunaan atau pemilihan metode kepramukaan yang sesuai keinginan peserta didik. Dalam penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 19 May 2021 04:21
Last Modified: 19 May 2021 04:21
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item