ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK MELALUI PENDEKATAN KOLABORATIF OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 3 AWANGPONE

Lisdahlia, . (2021) ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK MELALUI PENDEKATAN KOLABORATIF OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 3 AWANGPONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
combinepdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme guru agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengajaran yang baik di SMPN 3 Awangpone. Metode digunakan peneliti penelitian lapangan (field research) dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang analisis supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pertama, upaya supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dimulai dari tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan mengolah proses pembelajaran untuk mencapai pembelajaran. Kedua, pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dengan menggunakan supervisi kolaboratif supervisor dapat mendengarkan apa yang menjadi keluhan guru dalam mengembangkan kompetensi mengajar demi meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Ketiga, implementasi supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone, dalam melaksanakan supervisi akademik dimulai dari menyusun perencanaan program supervisi akademik dengan objektif, bertanggung jawab, berkelanjutan, didasarkan pada aturan yang berlaku dan didasarkan pada kebutuhan dan kondisi sekolah. Manfaat perencanaan program supervisi akademik adalah sebagai pedoman pelaksanaan dan supervisi akademik serta penjaminan efektifitas kerja pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 21 May 2021 03:13
Last Modified: 21 May 2021 03:13
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item