INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PEMBELIAN ONLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA DI SMA NEGERI 25 BONE DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Atikah, Nur (2020) INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PEMBELIAN ONLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA DI SMA NEGERI 25 BONE DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Instagram sebagai Sarana Pembelian Online terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Negeri 25 Bone dalam Perspektif Islam”. Penelitian ini bertujuan :1) Untuk mengetahui cara siswa SMA Negeri 25 Bone menggunakan instagram sebagai sarana pembelian online. 2) Untuk Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi siswa SMA Negeri 25 Bone untuk berperilaku konsumtif. 3) Untuk menganalisis penggunaan instagram sebagai sarana pembelian online dalam perspektif Islam terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 25 Bone. Peneltian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) yaitu metode dengan penelitian yang langsung dilapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data. Adapun sumber data dari penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 25 Bone. Data yang terkumpul dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan model analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Cara siswa SMA NEGERI 25 Bone menggunakan Instagram sebagai sarana pembelian online, siswa SMA Negeri 25 Bone memiliki beberapa cara dalam menggunakan instagram sebagai sarana pembelian online yaitu, melakukan riset sebelum memilih barang, memperhatikan jumlah followers akun online shop, memperhatikan feedback konsumen sebelumnya, memperhatikan komentar-komentar atau respon followers, memilih online shop yang pernah digunakan oleh teman-temanya, memilih online shop yang dimiliki oleh orang yang dikenal. 2) Faktor-faktor yang memengaruhi siswa SMA Negeri 25 Bone dalam berperilaku konsumtif ada dua faktor yaitu faktor internal adalah faktor yang asalnya dari dalam diri seseorang atau individu itu sendiri contohnya, membeli barang hanya untuk memenuhi keinginan dan kepuasan diri sendiri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang dari luar diri seseorang atau individu. Faktor ini meliputi lingkungan sekitar termasuk orang-orang terdekat seperti teman, keluarga atau idolanya, contohnya membeli barang karena mengikuti anjuran teman-teman sekitarnya dan bukan untuk memenuhi kebutuhannya. 3) Penggunaan instagram sebagai sarana pembelian online dalam perspektif Islam terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 25 Bone, tidak sesuai dengan perspektif Islam karena siswa SMA Negeri 25 Bone menjadikan instagram sebagai sarana pembelian online yang bukan untuk memenuhi kebutuhannya akan tetapi hanya untuk memenuhi keinginan dan mengikuti trend masa kini, sehingga dalam Islam dikategorikan sebagai perilaku yang berlebih-lebihan atau pemborosan, dan perilaku tersebut merupakan perbuatan syaitan yang tidak diridhai oleh Allah Swt.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah (FUD) > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 24 May 2021 03:57
Last Modified: 24 May 2021 03:57
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item