PENERAPAN PRINSIP MANAJEMEN KELAS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KERAGAMAN BELAJAR SISWA DI SMPN 3 AWANGPONE KAB. BONE

Risna, . (2021) PENERAPAN PRINSIP MANAJEMEN KELAS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KERAGAMAN BELAJAR SISWA DI SMPN 3 AWANGPONE KAB. BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
combinepdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dalam Mengatasi Problematika Keragaman Belajar Siswa di SMPN 3 Awangpone Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dalam Mengatasi Problematika Keragaman Belajar Siswa. Adapun metode yang digunakan peneliti adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dalam Mengatasi Problematika Keragaman Belajar Siswa di SMPN 3 Awangpone Kab. Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Prinsip Manajemen Kelas di SMPN 3 Awangpone Kab. Bone telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari implementasi prinsip manajemen kelas dengan menerapkan prinsip dalam proses belajar mengajar yang meliputi hangat dan antusias, memberikan tantangan, bersikap luwes, memberikan penekanan pada hal positif dan menanamkan sikap disiplin. 2) Problematika keragaman belajar siswa di SMPN 3 Awangpone Kab. Bone yaitu berasal dari dalam dan luar. Problematika yang dihadapi siswa dalam belajar adalah kurangnya konsentrasi, motivasi, memahami pelajaran dan kurangnya kemampuan mental. Adapun problematika yang datang dari luar yaitu seperti lingkungan sekolah dan keluarga. Problematika siswa di lingkungan sekolah yaitu kurangnya fasilitas atau alat pembelajaran dan masalah keamanan sekolah yang masih terdapat siswa keluar dari area sekolah. Problematika siswa yang terjadi di lingkungan keluarga yaitu problematika dalam hal perhatian keluarga mereka sehingga siswa tidak berminat belajar atau semangat belajarnya menurun. 3) Kontribusi manajemen kelas dalam mengatasi problematika keragaman belajar siswa di SMPN 3 Awangpone Kab. Bone, guru dan siswa saling bekerjasama dalam mengelola kelas, bukan hanya sekedar bagaimana mengatur kelas dengan baik tetapi juga bagaimana seorang guru mampu melakukan pendekatan, menerapkan prinsip-prinsip manajemen kelas dan manajemen kelas dianggap memiliki andil yang besar dalam mencapai keberhasilan guru untuk mengatasi problematika yang terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:59
Last Modified: 02 Jun 2021 01:59
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item