URGENSI KERJASAMA GURU AKIDAH AKHLAK DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI. IIS DI MA AS' ADIYAH MATTIROWALIE KEC. TELLU SIATTINGE KAB. BONE

Fikhriya, Nur Ilma (2021) URGENSI KERJASAMA GURU AKIDAH AKHLAK DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI. IIS DI MA AS' ADIYAH MATTIROWALIE KEC. TELLU SIATTINGE KAB. BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
combinepdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Urgensi kerjasama guru aqidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisisplinan siswa kelas XI. IIS di MA As' Adiyah Mattirowalie Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone. Hal yang penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bentuk-bentuk kerjasama guru aqidah akhlak dan guru bimbingan koseling dan mengetahui strategi guru aqidah akhlak dan guru bimbingan koseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI. IIS di MA As' Adiyah Mattirowalie Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone Penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis . Dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Urgensi kerjasama guru aqidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisisplinan siswa kelas XI. IIS di MA As' Adiyah Mattirowalie Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone, bisa dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari, 1) Bentuk kerjasama guru aqidah akhlak dan guru bimbingan konseling berupa: Kerjasam primer yaitu, merancang metode pendisiplinan, merumuskan kegiatan-kegiatan pengarahan kedisiplinan, memulai upaya pendisiplinan dari hal-hal yang sederhana. Kerjasama skunder yaitu, melibatkan orang tua untuk mengawasi anaknya di rumah, orang tua aktif dalam mengarahkan anaknnya. Dan kerjasama tersier yaitu, semua pihak di dalam Madrasah dilibatkan, sesama siswa diarahkan untuk saling mengingatkan. 2) Strategi guru aqidah akhlak dan guru bimbingan konseling berupa: Pembiasaan, meliputi membiasakan siswa untuk disiplin, tertib, dan teratur. Contoh dan tauladan meliputi, mencontohkan kedisiplinan kepada siswa. Penyadaran meliputi, memberikan penejelasan kepada siswa tentang pentingnya kedisiplinan. Dan pengawasan meliputi, mengawasi siswa agar mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah bekerjasama dalam menigkatkan kedisiplinan siswa baik itu kepala Madrasah, dan semua guru. Dan semua siswa hendaknya berpartisipasi aktif dalam kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya pengembangan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 21 Jun 2021 02:49
Last Modified: 21 Jun 2021 02:49
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item