YUSRIANTI, . (2021) PERAN GURU FIKIH DALAM TATA CARA MASBUQ PADA PELAKSANAAN SHALAT BERJAMAAH PADA SISWA MA AL-MUBARAK JAMPALENNA KEC. SIBULUE KAB. BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
combinepdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Guru Fikih Dalam Tata Cara Masbuq pada Pelaksanaan Shalat Berjamaah Pada Siswa MA Al-Mubarak Jampalenna Kec. Sibulue Kab. Bone”. Tujuan penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang tata cara masbuq pada pelaksanaan shalat berjamaah pada siswa MA Al-Mubarak Jampalenna Kec. Sibulue Kab. Bone. Kedua untuk mengetahui strategi pembelajaran guru fikih dalam tata cara masbuq pada pelaksanaan shalat berjamaah pada siswa MA Al-Mubarak Jampalenna Kec. Sibulue Kab. Bone. Dalam mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif (qualitatif research) dengan menggunakan pendekatan teologis, pendekatan paedagogik dan pendekatan psikologis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pemahaman siswa di MA Al- Mubarak Jampalenna Kec. Sibulue Kab. Bone mengenai tata cara masbuq masuk dalam kategori cukup dan masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Kedua, upaya Strategis yang dilakukan Guru Fikih Dalam Penerapan Tata Cara Masbuq dalam pelaksanaan shalat berjamaah pada siswa MA Al-Mubarak Jampalenna Kec. Sibulue Kab. Bone yakni dalam proses pembelajaran dikelas, guru fikih menguasai materi terlebih dahulu kemudian memilih media dan metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Selain itu, guru fikih mengadakan bimbingan praktek masbuq diluar jam pelajaran pada sore hari guna untuk mengaplikasikan teori yang diajarkan dalam proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 02:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 02:52 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/527 |
Actions (login required)
View Item |