JAYANTI, RISKA (2020) PERAN ORGANISASI EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 TONRA KECAMATAN PATIMPENG KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SKRIPSI RISKA JAYANTI PDF.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai peran organisasi ekstrakurikuler dalam menumbuhkan perilaku sosial peserta didik di SMP Negeri 2 Tonra Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran organisasi ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Tonra, untuk mengetahui cara menumbuhkan perilaku sosial peserta didik di SMP Negeri 2 Tonra, untuk mengetahui hambatan dan dukungan siswa dalam berperilaku sosial? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan ilmu manajemen, pendekatan ilmu paedagogik, dan pendekatan ilmu sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan 3 tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan tahap simpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Tonra masih perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi seperti keterlibatan dalam kelompok ekstrakurikuler dan pengerjaan tugas yang diberikan oleh Pembina ekstrakurikuler maupun tugas yang diberikan pendidik pada saat di ruang kelas. Dimana siswa berbeda-beda karakter ada siswa gampang diatur ada juga siswa susah diatur sebagaimana sebagian siswa suka dikasi tugas dan menyelesaikan tanpa diminta namun sebagian siswannya lagi tidak suka di berikan tugas dan selalu mencari-cari alasan untuk tidak mengerjakannya. Dan siswa yang melanggar aturan pada kegiatan ekstrakurikuler diberikan sanksi yang sifatnya mendidik, dimana pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler masih ada siswa memerlukan bantuan dan arahan dari Pembina ekstrakurikuler atau pendidik. Dapat dipahami bahwa peran organisasi ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Tonra sudah baik namun masih perlu ditingkatkan atau masih perlu dibina untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. siswa selalu dibimbing untuk membiasakan berperilaku sosial namun tata tertib yang telah ditetapkan di sekolah siswa masih sering melanggarnya baik dari segi pakaian maupun kebersihan adapun hambatan bagi orang tua dalam membentuk perilaku sosial anak, anak sulit diatur dan adanya pengaruh dari teman bergaul anak terlalu banyak aktifitas di luar bersama temannya dibanding waktu belajar seperti lebih banyak main game dan ikut-ikutan merokok dan dukungan yang diberikan orang tua terhadap perilaku sosial anak yaitu selalu memberikan pemantauan atau pengawasan dalam penggunaan media sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 01:12 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 01:12 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |