Fatimah, Fatimah and Hadrawi, Muhlis (2018) Mitos dalam Teks Iklan Layanan Masyarakat di Kabupaten Bone: Analisis Semiotika Roland Barthes. In: Prosiding Seminar Antarbangsa Arkeologi, Sejarah, Bahasa, dan Budaya di Alam Melayu (ASBAM) ke 7: Integrasi Nusa Maritim dan Penguatan Jalinan Kebinekaan Alam Melayu di Asia Tenggara. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Makassar, pp. 487-494. ISBN 978-602-51125-3-9
Text
MitosILM_ProsidingASBAM2018_Fatimah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ideologi yang terungkap dalam mitos iklan layanan masyarakat yang ada di Kabupaten Bone dengan menggunakan semiotika Roland Barthes. Iklan layanan masyaakat yang dibuat oleh pemerintah dan BUMN diharapkan menjadi mitos dalam masyarakat, sebagaimana halnya dengan iklan-iklan komersil. Mitos itulah yang manjadi ideologi iklan layanan masyarakat, yang dipahami oleh penerima pesan ILM. Ideologi yang dipahami diharapkan menjadi sikap dan perilaku masyarakat sebagai sasaran dari ILM yang ada. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Data bersumber dari teks yang ada pada ILM di kabupaten Bone. Adapun prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik rekam, teknik simak catat, dan teknik wawancara. Penelitian ini akan mendeskripsikan mitos yang terungkap ke dalam tiga kategori yaitu keselarasan mitos, kontramitos, dan new mitos dalam ILM di Kabupaten Bone.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | 2X6 Masyarakat Islam |
Depositing User: | Fatimah Fatimah |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 14:14 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 04:15 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/64 |
Actions (login required)
View Item |