Fitriani, Ersa (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX E SMP NEGERI 1 ULAWENG. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SKRIPSI ERSA FITRIANI CD.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX E SMP Negeri 1 Ulaweng. Pokok permasalahannya adalah (1) tingkat minat belajar siswa pada pelajaran PAI sebelum diterapkan model pembelajaran STAD (2) penerapan model pembelajaran STAD (3) peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan model pembelajaran STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX E. Masalah ini dianalisis dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu pra- eksperimen dengan bentuk penelitian one group pre-test post-test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi (daftar ceklist), tes (pre test dan post test), kuesioner (lembaran angket). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu field research, teknik ini adalah pengumpulan data dengan terjun langsung kelapangan penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji t untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pertama, tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebelum diterapkan model pembelajaran STAD sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test, observasi serta hasil angket minat belajar siswa yang masih mendapatkan nilai rendah. Kedua, langkah-langkah penerapan model pembelajaran STAD diantaranya: pembagian kelompok, presentasi oleh guru, tim/kerja kelompok, kuis (evaluasi) dan pemberian reaward (penghargaan). Ketiga, tingkat minat belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PAI di kelas IX E SMP Negeri 1 Ulaweng mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data dengan uji t pada pre-test dan post-test adalah nilai t hitung adalah 31,45 dan nilai t tabel yang diperoleh dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai t tabel sebesar 18,91. Adapun hasil analisis uji t pada angket minat belajar siswa adalah nilai t hitung sebesar 29,03 dan nilai t tabel yang diperoleh dengan taraf signifikansi 0,01, maka diperoleh nilai t tabel sebesar 18,91. Dapat diketahui bahwa dari kedua hasil analisis uji t pada pre-test post-test dan angket minat belajar siswa menghasilkan nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 02:47 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 02:47 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/692 |
Actions (login required)
View Item |