IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 1 ULAWENG

Astika, Ona (2021) IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 1 ULAWENG. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SKRIPSI ONA ASTIKA CD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Metode Sosiorama dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Ulaweng. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yaitu penerapan metode sosiodrama terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng, motivasi belajar siswa sebelum diterapkan metode sosiodrama terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng dan motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode sosiodrama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan tes yaitu suatu metode yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian dan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan paedagogis dan psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode sosiodrama dalam meningkatkan motivasi belajara siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulaweng dilakukan dengan baik oleh peneliti pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan diterapkannya langkah-langkah dalam metode sosiodrama yaitu diawali tahap persiapan dan instruksi, tindakan dramatik dan diskusi serta evaluasi bermain peran. Hasil analisis data dengan uji t pada data pre-test dengan menerapkan metode konvensional atau sebelum penerapan metode sosiodrama dan data post-test setelah penerapan metode sosiodrama yaitu nilai t hitung 26,64 dan t tabel 18,91, dapat dilihat bahwa nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel 26,64>18,91. Adapun hasil uji t pada data angket motivasi belajar siswa yaitu t hitung 22,11 dan t tabel 18,91, dapat dilihat bahwa t hitung juga lebih besar dibandingkan t tabel 22,11>18,91. Hasil uji t pada kedua data menghasilkan t hitung lebih besar dibandingkan t tabel , dengan taraf signifikansi 0,01 atau 1%. Jadi, dapat ditarik simpulan bahwa hipotesis diterima dan penggunaan metode sosiodrama berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas IX D.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:13
Last Modified: 03 Aug 2021 03:13
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item