KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA LANJUTAN SISWA PADA MASA PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-AMIN CABALU KABUPATEN BONE

SUFYA, SULFINA (2021) KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA LANJUTAN SISWA PADA MASA PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-AMIN CABALU KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SKRIPSI SULFINA SUFYA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana rancangan kreativitas guru dalam mengembangkan minat membaca lanjutan siswa pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru dalam mengenbangkan minat membaca lanjutan siswa pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Adapun teknik yang digunakan antara lain:,observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan guru dalam mengembangkan minat membaca siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu, yaitu: guru merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan tema atau mata pelajaran yang akan di ajarkan. Setelah itu guru merancang metode di gunakan untuk melatih atau mengembangkan minat membaca siswa. Faktor-faktor yang menghambat kreativitas guru kelas IV dalam mengembangkan minat membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kurangnya sumber bacaan yang dapat dimanfaatkan dan media belajar yang dapat digunakan oleh guru kelas IV yang dimiliki sekolah, masih sulitnya mengontrol atau mengatur siswa kelas IV ketika sedang belajar dikarenakan pembelajaran di lakukan dalam jaringan atau media sosial, motivasi siswa kelas IV yang masih rendah untuk membaca secara sungguh-sungguh. Sedangkan faktor- faktor yang mendukung kreativitas guru kelas IV dalam mengembangkan minat membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kesukaan guru membaca buku-buku metode mengembangkan minat membaca sehingga menambah pengetahuannya tentang kreativitas dalam mengajar, dan keaktifan guru mengikuti sharing tentang kreativitas guru, serta membuat Grup Belajar WA dan selalu menumbuhkan serta memotovasi siswa agar membaca menjadi kebiasan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:19
Last Modified: 03 Aug 2021 03:19
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item View Item