Ilham, Deni (2022) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES 12/79 LABOTTO DESA CAKKEWARE KECEMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL.pdf Download (187kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (232kB) |
|
Text
ABSTRAK DLL.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang manajemen pengembangan kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten Bone. tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui perkembangan kurikulum serta peran kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar Siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriftif (qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajemen pendidikan Islam serta pendekatan paedagogik. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama Perkembangan manajemen kurikulum di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten Bone berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilhat dari dengan pemberdayaan guru secara optimal, dan yang paling penting adalah komitmen dari guru-guru itu sendiri dalam melaksanakan tugas mendidik dan membimbing siswa. Selain itu penerapan dan pelaksanaan kurikulum di sekolah ini tidak pernah terlepas dari pengawasan kepala sekolah, kepala sekolah selalu memantau keadaan kelas ketika pembelajaran sedang berlangsung khususnya pembelajaran muatan lokal. Kedua Peran manajemen kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten Bone yakni meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, menyusun kurikulum sejalan dengan perkembangan zaman, kurikulum pun juga ikut berkembang untuk memenuhi tuntutan pendidikan, mempengaruhi dan membina perilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai sosial yang hidup di lingkungan masyarakatnya, mengembangkan kebiasaan belajar siswa, memusatkan perhatian siswa terhadap bahan yang dipelajarinya serta memberikan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 00:13 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 00:13 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/860 |
Actions (login required)
View Item |