KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENGEMBANGAN DIRI DI SLB BINA BAKTI WATAMPONE

Najamuddin, Muh. (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENGEMBANGAN DIRI DI SLB BINA BAKTI WATAMPONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (688kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Komunikasi Interpersonal Antara Guru dengan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pengembangan Diri di SLB Bina Bakti Watampone, Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana model komunikasi interpersonal guru dan anak berkebutuhan khusus di SLB Bina Bakti Watampone, untuk mengetahui kegiatan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus dan untuk menganalisis upaya apa yang dilakukan oleh SLB Bina Bakti Watampone dalam memaksimalkan komunikasi interpersonal antar guru dan anak berkebutuhan khusus untuk pengembangan dirinya. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode field research (riset lapangan) dengan menggunakan pendekatan komunikasi dan sosiologis metode yang digunakan debgan jalan melakukan penelitian terhadap objek yang diteliti dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru SLB Bina Bakti Watampone, keluarga anak berkebutuhan khusus dan anak berkebutuhan khusus SLB Bina Bakti Watampone. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan terhadap keadaan nyata Guru dan anak berkebutuhan khususdengan maksud dan tujuan menemukan fakta yang kemudian menuju pada identifikasi dan pada akhirnya menuju pada penyelesaian masalah. Hasil penellitian menunjukkan bahwa, 1). Model komunikasi interpersonal antara guru dengan anak berkebutuhan khusus di SLB Bina Bakti Watampone adalah model komunikasi verbal dan nonverbal. 2). Kegiatan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus di SLB Bina Bakti Watampone adalah kegiatan menjahit, tata boga 4 sehat 5 sempurna, keterampilan hidup pelihara ikan dan kerajinan tangan, 3). Upaya SLB Bina Bakti Watampone dalam memaksimalkan komunikasi interpersonal antar guru dengan anak berkebutuhan khusus untuk pengembangan diri adalah dengan menggunakan komunikasi interpersonal yang efektif yaitu Keterbukaan, Empati, Dukungan, Sikap positif dan kesamaan. sertamenggunakan 2 metode yaitu metode latihan dan metode ketauladanan Implikasi terhadap penelitian ini adalah agar guru mengetahui pentingya komunikasi interpersonal dalam berkomunikasi terhadap anak berkebutuhan khusus, orang tua dan pemerintah berusaha mengawasi mengenai mengembangkan potensi diri yang dimiliki anak berkebutuhan khusus di SLB Bina Bakti Watampone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah (FUD) > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:57
Last Modified: 05 Apr 2022 05:57
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item