ANALISIS PELUANG INVESTASI EMAS MELALUI PRODUK TABUNGAN EMAS DENGAN MENGGUNAKAN SWOT DALAM PERSPEKTIF KEUANGAN SYARIAH (Studi pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Watampone)

Aswar, . (2022) ANALISIS PELUANG INVESTASI EMAS MELALUI PRODUK TABUNGAN EMAS DENGAN MENGGUNAKAN SWOT DALAM PERSPEKTIF KEUANGAN SYARIAH (Studi pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Watampone). Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (439kB)
[img] Text
PENYATAAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK DLL.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peluang Investasi Emas Dengan Menggunakan SWOT Dalam Perspektif Keuangan Syariah khususnya pada produk tabungan emas yang ada di PT Pegadaian (Persero) Cabang Watampone. Maka dari itu penulis mengambil judul ini dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana mekanisme produk dan keuntungan serta Analisis Peluang Investasi Emas Jangka Panjang Melalui Produk Tabungan Emas Pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Watampone dalam Perspektif Keuangan Syariah. Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan field research (penelitian lapangan) yang menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik Descriptive Analysis. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa, dalam pembukaan tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) Cabang Watampone ada dua opsi yang di terapkan yaitu, datang langsung ke kantor atau melalui Aplikasi Pegadaian. Dalam analisis SWOT, ada dua faktor yang dijadikan acuan, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pertama, faktor internal yang menjadi kekuatan Produk Tabungan Emas adalah persyaratan yang mudah dan citra baik Pegadaian. Harga sesuai dengan harga pasar, Biaya perawatan yang murah serta fleksibel. Sedangkan yang menjadi kelemahan produk ini adalah ada berat minimal untuk pencetakan emas. Sistem IT dan kemampuan SDM yang masih perlu ditingkatkan. Kedua, faktor eksternal yang menjadi peluang adalah produk ini sangat cocok untuk masyarakat muslim dan adanya kerjasama yang terjalin dengan Bank BRI. Sedangkan ancamannya adalah persaingan produk sejenis dengan instansi lain, harga dan banyaknya peredaran emas palsu di pasaran. Dalam perspektif keuangan syariah masih belum sesuai syariat Islam. Meskipun akad yang di terapkan yakni akad jual beli titip emas. Hal ini dikarenakan masih bertentangan dengan perkataan Rasululah SAW bahwa emas hanya boleh di beli secara kontan atau tunai. Untuk itu jika pegadaian menggunakan prinsip syariah maka pegadaian harus memperbaiki sistem yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Perbankan Syariah (PS)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:21
Last Modified: 18 Apr 2022 06:21
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item