Akbar, Mifthahoel Jannah (2022) URGENSI PENERAPAN METODE REWARD TERHADAP MOTIVASI SISWA UNTUK MENGHAFAL AL-QUR’AN DI KELAS TAHFIDZHUL QUR’AN MTs NEGERI 1 BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
1 HALAMAN SAMPUL.pdf Download (148kB) |
|
Text
1 HALAMAN SURAT PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (46kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (43kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (234kB) |
|
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf Download (223kB) |
|
Text
5 DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf Download (161kB) |
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (534kB) |
|
Text
BAB IV PENUTUP.pdf Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana penerapan metode reward di kelas Tahfidzul Qur’an MTs Negeri 1 Bone, untuk mengatahui motivasi siswa dalam menghapalkan al-Qur’an di MTs Negeri 1 Bone dan faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal al-Qur’an. Penulis melakukan pendekatan paedagogik, pendekatan Ethnography dan pendekatan psikologis, serta melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif qualitatiif dengan tiga tahap yaitu reduksi, penyajiann data (display data) dan tahap kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dari penelitian terkait urgensi penerapan metode reward terhadap motivasi siswa untuk menghapalkan al-Qur’an di kelas tahfidzul Qur’an MTs Negeri 1 Bone, yakni: 1) penerapan metode reward di kelas tahfidzhul Qur’an yaitu berupa reward berupa pujian, nasehat-nasehat yang membangun, serta piagam penghargaan bagi siswa yang mampu mencapai target menghapalkan al-Qur’an dalam jangka waktu 1 Juz 2 bulan dan juga pemberian hadiah bagi siswa yang jumlah hafalannya lebih banyak dari teman-temannya. 2) motivasi siswa dalam menghapal al- Qur’an dengan pemberian reward (penghargaan) sudah sangat baik karena terbukti dengan jumlah hafalan yang meningkat, 3) Faktor pendukung dalam menghafal al- Qur’an yang sangat penting adalah kemampuan membaca al-Qur’an, manajament waktu, sifat sabar, tempat menghafal dan motivasi orang terdekat seperti guru pembimbing. Dan adapun faktor yang penghambat dalam menghafal al-Qur’an adalah beralih bidang lain, belum istiqamah, malas melakukan muroja’ah dan kurang mendapat motivasi dari orang terdekat utamanya orangtua sehingga menjadikan semangat siswa berkurang untuk menghafal al-Qur’an. Dari penerapan metode reward dalam menghapalkan al-Qur’an di kelas Tahfidz MTs Negeri 1 Bone, terbukti bahwa dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menghapalkan al-Qur’an dengan kemampuan mengahapal siswanya kurang lebih 2-8 juz selama 2 tahun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 09 May 2022 01:15 |
Last Modified: | 09 May 2022 01:15 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/990 |
Actions (login required)
View Item |