PERAN KOMITE SEKOLAH SEBAGAI BADAN PENGONTROL DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Upt Smp Negeri 1 Bontocani Kel. Kahu Kec. Bontocani Kab. Bone)

Lisa, . (2022) PERAN KOMITE SEKOLAH SEBAGAI BADAN PENGONTROL DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Upt Smp Negeri 1 Bontocani Kel. Kahu Kec. Bontocani Kab. Bone). Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
01 SAMPUL LB.pdf

Download (10kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text
03 KATA PENGANTAR.pdf

Download (25kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (469kB)
[img] Text
04 DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
07 Bab I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bagaimana eksistensi komite sekolah sebagai badan pengontrol di UPT SMPN 1 Bontocani, mutu pendidikan di UPT SMPN 1 Bontocani, dan konstribusi komite sekolah sebagai badan pengontrol dalam meningkatkan mutu pendidikan di UPT SMPN 1 Bontocani Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa aktivitas sosial, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok, adapun pendekatan yang digunakan adalah melakukan pendekatan teologis normatif dan pendekatan manajemen atau pendekatan manajerial ,menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam skripsi ini yakni kepala sekolah, komite,wakil kepala sekolah, guru dan pegawai TU dan adapun teknik pengelola data yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; eksistensi komite sekolah sebagai badan pengontrol di UPT SMPN 1 Bontocani telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Dengan melibatkan komite sekolah dalam hal perencanaan pendidikan, perencanaan kegiatan, hadir dalam rapat dan melakukan koordinasi dengan orang tua, pemerintah setempat, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu, komite sebagai pengontrol juga mampu mengawasi dan mengontrol data sekolah baik itu lulusan sekolah, yang lanjut ke jenjang sekolah menengah atas atau yang berhenti di sekolah menengah pertama dan mengetahui apa kendala dari semua siswa yang tidak melanjutkan pendidikan. Kedua; mutu pendidikan di UPT SMP Negeri 1 Bontocani mulai dari standar kompotensi lulusan, standar isi, standar proses standar penilaian, standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan dari beberapa hasil standar mutu pendidikan sudah baik, akan tetap dari segi standar sarana dan prasaran masih belum memadai atau belum lengkap namun, sudah ada beberapa proese perbaikan.dan pembangunan. Ketiga; kontribusi komite sekolah sebagai badan pengontrol dalam meningkatkan mutu pendidikan di UPT SMPN 1 Bontocani sudah baik yakni berupa materil dan moril. Dalam segi moril komite sekolah melakukan pemantauan dan masukan atau motivasi terhadap tenaga pendidik dan kependidikan, kondisi sarana dan prasarana di sekolah memantau kondisi anggaran pendidikan sekolah, dan mengevaluasi pelakasanaan dukungan anggaran dan program sekolah. Selain itu, komite sekolah memberikan kontribusi materil berupa dukungan dana untuk kegiatan siswa. dan komuite sekolah sudah melakukan hubungan komunikasi oleh guru, kepala sekolah tenaga kependidikan dan masyarakat untuk membentuk sekolah yang bermutu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 09 May 2022 03:11
Last Modified: 09 May 2022 03:11
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item