URGENSI METODE DISKUSI DALAM PEMBINAAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA AR-RAIHAN LATTEKKO

Rahmat, . (2022) URGENSI METODE DISKUSI DALAM PEMBINAAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA AR-RAIHAN LATTEKKO. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
1. SAMPUL JILID.pdf

Download (9kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (240kB)
[img] Text
3. BAB I SKRIPSI RAHMAT_1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6. BAB IV SKRIPSI RAHMAT_1.pdf

Download (14kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang, Urgensi Metode Diskusi dalam Pembinaan Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko adapun tujuan penelitian yaitu: 1). Untuk mengetahui penerpan metode diskusi siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko. 2). Untuk mengetahui upaya guru dalam pembinaan kecerdasan intelaktual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko. 3). Untuk mengetahui dampak penerapan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian tentang Urgensi Metode Diskusi dalam Pembinaan Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode diskusi siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu, dapat meningkatkan interaksi siswa dengan siswa yang lain saling bertukar pikiran dalam berpendapat dan saling melengkapi dalam kekurangan. 2). Upaya guru dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajaran SKI dI MA Ar-Raihan Lattekko yaitu memberikan suatu pertanyaan kepada siswa yang jarang berbicara di dalam kelas pada saat diskusi berlangsung. 3). Dampak positif penerapan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu dapat melatih kelancaran siswa dalam berpendapat dan berinteraksi dengan teman maupun guru dan dampak negatif penerpan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu ada beberapa siswa yang hanya saja berdiam pada saat diskusi berlangsung tanpa memperhatikan materi yang diajarkan atau pendapat temannya sehingga mempersulit guru dalam menjelaskan ulang materi di sampaikan atau yang didiskusikan oleh temannya. xvii Impikasi pembahasan skripsi ini yaitu diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan materi yang didiskusikan agar lebih fokus dalam menerima materi pelajaran, Di harapkan kepada guru SKI untuk senantiasa membina siswa secara optimal mengenai pembinaan kecerdasan inteketual siswa. Pembinaan oleh guru diharapkan bukan hanya sebatas menyampaikan materi, tetapi guru harus mampu memberikan teladan yang baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 25 May 2022 06:10
Last Modified: 25 May 2022 06:10
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item