PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DAN V DI SDN 24 MACANANG KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

Zakinah, Ayu (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DAN V DI SDN 24 MACANANG KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
01. SAMPUL.pdf

Download (11kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
PENGESHAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
02. KP, DI, Abs, Transliterasi.pdf

Download (262kB)
[img] Text
03. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
06. BAB IV PENUTUP.pdf

Download (21kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana Peranan serta faktor Pendukung dan Penghambat Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan teologis normatif, paedagogis, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu sudahbaik, dimana guru pendidikan agama islam telah melaksanakan beberapa kegiatan yang menunjang peranannya dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V. Adapun peranannya antara lain memberikan wejangan, memberikan hadiah (reward), memberikan hukuman (punishment), penggunaan media pembelajaran, senandung asmaul husna dan lagu anak sholeh “rajin mengaji”, menciptakan kondisi yang baik didalam kelas, melaksanakan literasi Al-Qur’an, dan melaksanakan uji kompetensi bebas buta aksara Al-Qur’an. Kedua faktor pendukung dan penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V yaitu berasal dari motivasi siswa itu sendiri, sarana dan prasarana yang tersedia serta dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV dan V yaitu keterbatasan waktu dan minimnya guru pendidikan agama islam serta perbedaan intelegensi dan latar belakang siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:07
Last Modified: 03 Jun 2022 07:07
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item