IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIIIC DI SMPN 1 CINA KABUPATEN BONE

Rahayu, Yunita (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIIIC DI SMPN 1 CINA KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (101kB)
[img] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII C Di SMPN 1 Cina Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII C di SMPN 1 Cina Kabupaten Bone? 2) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada Kelas VIII C di SMPN 1 Cina Kabupaten Bone? Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design adalah suatu teknik untuk mengetahui sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 97 orang. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini, yaitu siswa yang mengikuti penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dan menjadi sampel yaitu 24 siswa. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik. Penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction di kelas VIII C dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Kelompok siswa yang berkemampuan tinggi diberikan perlakuan berupa belajar mandiri dengan menggunakan modul atau buku paket Pendidikan Agama Islam yang relevan, sedangkan kelompok siswa yang berkemampuan sedang dan rendah diberikan pembelajaran regular dan tutorial. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, sebelum Implementasi model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction di SMPN 1 Cina mempunyai nilai rata-rata 49,17 (pretest), setelah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction di SMPN 1 Cina mengalami peningkatan nilai rata-rata 76,67 (posttest). Selanjutnya hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji paired samples test pada kelas VIII C di SMPN 1 Cina diperoleh t=-17,268 df=23 dan Sig. (2 tailed) 0,000<0,05 atau H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:07
Last Modified: 09 Jun 2022 03:07
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item