IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIIIC DI SMPN 1 CINA KABUPATEN BONE

Rahayu, Yunita (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIIIC DI SMPN 1 CINA KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Model Pembelajaran
Aptitude Treatment Interaction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan
Agama Islam Siswa Kelas VIII C Di SMPN 1 Cina Kabupaten Bone. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi model
pembelajaran Aptitude Treatment Interaction untuk meningkatkan hasil belajar
pendidikan agama Islam siswa kelas VIII C di SMPN 1 Cina Kabupaten Bone?
2) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebelum dan setelah
diterapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction pada Kelas
VIII C di SMPN 1 Cina Kabupaten Bone?
Adapun
metode
penelitian
yang
digunakan
adalah
penelitian
eksperimen menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design adalah
suatu teknik untuk mengetahui sebelum dan sesudah pemberian perlakuan.
Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 97
orang. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini, yaitu siswa yang mengikuti
penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dan menjadi
sampel yaitu 24 siswa. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi,
tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data
statistik. Penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction di
kelas VIII C dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu siswa yang mempunyai
kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Kelompok siswa yang berkemampuan
tinggi diberikan perlakuan berupa belajar mandiri dengan menggunakan modul
atau buku paket Pendidikan Agama Islam yang relevan, sedangkan kelompok
siswa yang berkemampuan sedang dan rendah diberikan pembelajaran regular
dan tutorial.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
sebelum Implementasi model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction di SMPN
1 Cina mempunyai nilai rata-rata 49,17 (pretest), setelah penerapan model
pembelajaran
Aptitude Treatment Interaction
di
SMPN 1 Cina mengalami
peningkatan nilai rata-rata 76,67 (posttest). Selanjutnya hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji paired samples test pada kelas VIII C di SMPN 1 Cina diperoleh
t=-17,268 df=23 dan Sig. (2 tailed) 0,000<0,05 atau H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:07
Last Modified: 09 Jun 2022 03:07
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item
View Item