URGENSI PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 BAREBBO KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

Satriani, . (2022) URGENSI PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 BAREBBO KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
A01 SAMPUL.pdf

Download (17kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (490kB)
[img] Text
A05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
A06 DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
A07 ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
A07 ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
A08 TRANSLITRASI ARAB-LATIN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
A09 BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
A12 BAB IV.pdf

Download (14kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai urgensi penerapan metode brainstorming dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone. Bertujuan untuk mengetahui urgensi penerapan metode brainstorming, minat belajar siswa setelah menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 4 Barebbo dan konstribusi penerapan metode brainstorming dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research), dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode brainstorming telah dilaksanakan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun langkah-langkah dalam metode brainstorming yaitu diawali dengan pemberikan informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi dan verifikasi serta konklusi. Kedua, minat belajar peserta didik kelas VIII semakin meningkat dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dapat dilihat dari dimensi keinginan, dimensi perasaan senang, dimensi pengetahuan dan dimensi kebiasaan serta dimensi perhatian. Ketiga, penerapan metode brainstorming memberikan konstribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penerapan metode brainstorming di sekolah tersebut semakin meningkat keinginan belajarnya, perasaan senangnya, pengetahuannya, kebiasaan belajarnya, dan perhatiannya siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agam Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 20 Jun 2022 00:39
Last Modified: 20 Jun 2022 00:39
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item