Satriani, . (2022) URGENSI PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 BAREBBO KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
A01 SAMPUL.pdf
Download (17kB)
PERNYATAAN.pdf
Download (277kB)
PERSETUJUAN.pdf
Download (345kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (490kB)
A05 KATA PENGANTAR.pdf
Download (28kB)
A06 DAFTAR ISI.pdf
Download (13kB)
A07 ABSTRAK.pdf
Download (18kB)
A07 ABSTRAK.pdf
Download (18kB)
A08 TRANSLITRASI ARAB-LATIN.pdf
Download (84kB)
A09 BAB I.pdf
Download (118kB)
A12 BAB IV.pdf
Download (14kB)
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai urgensi penerapan metode brainstorming
dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 4 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone. Bertujuan untuk
mengetahui urgensi penerapan metode brainstorming, minat belajar siswa setelah
menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII
di SMP Negeri 4 Barebbo dan konstribusi penerapan metode brainstorming dalam
meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Barebbo Kec.
Barebbo Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitative research), dengan menggunakan
metode wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah
pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis. Data
dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
pertama,
penerapan
metode
brainstorming telah dilaksanakan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam di
kelas VIII SMP Negeri 4 Barebbo dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Adapun
langkah-langkah dalam
metode
brainstorming
yaitu diawali dengan
pemberikan informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi dan verifikasi serta
konklusi. Kedua, minat belajar peserta didik kelas VIII semakin meningkat dalam
proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dapat dilihat dari dimensi
keinginan, dimensi perasaan senang, dimensi pengetahuan dan dimensi kebiasaan
serta dimensi perhatian. Ketiga, penerapan metode brainstorming memberikan
konstribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Barebbo. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penerapan metode brainstorming di
sekolah tersebut semakin meningkat keinginan belajarnya, perasaan senangnya,
pengetahuannya,
kebiasaan
belajarnya,
dan
perhatiannya
siswa
terhadap
pembelajaran Pendidikan Agam Islam.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
| Depositing User: | IAIN BONE |
| Date Deposited: | 20 Jun 2022 00:39 |
| Last Modified: | 20 Jun 2022 00:39 |
| URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1100 |
