Adijusma, Marwana (2022) URGENSI MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 15 BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
sampul.pdf Download (161kB) |
|
Text
8. Daftar Transliterasi dan singkatan.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (923kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (923kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Terhadap Kecerdasan Emoisonal Siswa di SMA Negeri 15 Bone” pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pentingnya pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Negeri 15 Bone. Hal ini perlu untuk dikaji untuk mengetahui pentingnya pelaksaaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Terhadap Kecerdaan Emosional Siswa di SMA Negeri 15 Bone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan manajemen dan sosiologis dan teknik antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Urgensi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMA Negeri 15 Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan empat teknik, yaitu: teknik reduksi data, penyajian data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan beradaptasi siswa di SMA Negeri 15 Bone dilakukan dengan berbagai macam cara atau strategi dalam pelaksanaan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah sehingga peserta didik lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi secara langsung dengan teman-teman serta guru-guru yang ada dilingkungan sekolah. (2) Dengan adanya pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah memberikan manfaat bagi peserta didik baru, dan berpengaruh terhadap kecerdasan emosional peserta didik baru seperti dengan menumbuhkan rasa percaya diri ketika bertemu dengan individu baru, meningkatkan kemampuan interaksi baik secara individu dengan individu baru ataupun individu dengan kelompok melatih untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan kemampuan untuk beradapatasi di lingkungan yang baru dengan berbagai macam kegiatan-kegiatan yang di tentukan oleh pihak kepanitian seperti dengan pengelompokan (pembagian gugus) adanya permainan atau kegiatan-kegiatan yang menarik serta penerimaan materi dengan begitu kecerdasan emosional siswa terbentuk karena berbaur dan berinteraksi langsung dengan individu baru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 02:44 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 02:44 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1134 |
Actions (login required)
View Item |