Arfina, . (2022) PENERAPAN METODE CERAMAH PLUS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
1. Sampul.pdf Download (29kB) |
|
Text
2. Pernyataan keaslian skripsi_1.pdf Download (53kB) |
|
Text
3. Persetujuan pembimbing_1.pdf Download (82kB) |
|
Text
4. Pengesahan skripsi_1.pdf Download (108kB) |
|
Text
5. Kata pengantar_1.pdf Download (426kB) |
|
Text
7. LITERASI.pdf Download (791kB) |
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (198kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (816kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (116kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (18kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode ceramah plus dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan metode ceramah plus pada mata pelajaran akiah akhlak dan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak melalui metode ceramah plus. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah plus di MAN 1 pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bone sudah berjalan dengan benar, hal ini dapat dilihat dari pendidik ketika menerapkannya memperhatikan langkah-langkah penerapan metode ceramah plus, langkah pertama yaitu persiapan, pendidik menciptakan kondisi belajar serta menjelaskan tujuan dan metode pembelajaran, langkah kedua yaitu pelaksanaan, pendidik menyampaikan/menyajikan materi, melakukan tanya jawab serta memberikan kesimpulan, dan langkah terakhir yaitu evaluasi/tindak lanjut, pendidik mengadakan penilaian serta memberikan tugas. Meskipun proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring karena adanya Covid-19 akan tetapi metode ceramah plus merupakan metode yang efektif diterapkan pada mata pelajaran akidah akhlak. Peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bone sudah baik, hal ini dapat dilihat dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik peserta didik. Dalam motivasi intrinsik, yang pertama adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam belajar, yang kedua adanya dorongan kebutuhan dalam belajar dan yang terakhir adanya harapan dan cita-cita masa depan. Sedangkan motivasi ekstrinsik, yang pertama adanya penghargaan dalam proses belajar, yang kedua adanya lingkungan belajar yang kondusif dan yang terakhir adanya kegiatan belajar yang menarik. Meskipun proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring karena adanya pandemi Covid-19 akan tetapi tidak mengurangi semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 05:55 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 05:55 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1149 |
Actions (login required)
View Item |