Arfina, . (2022) PENERAPAN METODE CERAMAH PLUS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 BONE. Other thesis, IAIN Bone.
1. Sampul.pdf
Download (29kB)
2. Pernyataan keaslian skripsi_1.pdf
Download (53kB)
3. Persetujuan pembimbing_1.pdf
Download (82kB)
4. Pengesahan skripsi_1.pdf
Download (108kB)
5. Kata pengantar_1.pdf
Download (426kB)
7. LITERASI.pdf
Download (791kB)
8. ABSTRAK.pdf
Download (198kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (816kB)
9. BAB I.pdf
Download (116kB)
12. BAB IV.pdf
Download (18kB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode ceramah plus dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan metode ceramah
plus pada mata pelajaran akiah akhlak dan peningkatan motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran akidah akhlak melalui metode ceramah plus. Metode penelitian
yang digunakan yaitu metode kualitatif.
Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah plus di
MAN 1 pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bone sudah berjalan dengan
benar, hal ini dapat dilihat dari pendidik ketika menerapkannya memperhatikan
langkah-langkah penerapan metode ceramah plus, langkah pertama yaitu persiapan,
pendidik menciptakan kondisi belajar serta menjelaskan tujuan dan metode
pembelajaran, langkah kedua yaitu pelaksanaan, pendidik menyampaikan/menyajikan
materi, melakukan tanya jawab serta memberikan kesimpulan, dan langkah terakhir
yaitu evaluasi/tindak lanjut, pendidik mengadakan penilaian serta memberikan tugas.
Meskipun proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring karena adanya
Covid-19 akan tetapi metode ceramah plus merupakan metode yang efektif
diterapkan pada mata pelajaran akidah akhlak. Peningkatan motivasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bone sudah baik, hal ini dapat
dilihat dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik peserta didik. Dalam motivasi
intrinsik, yang pertama adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam belajar,
yang kedua adanya dorongan kebutuhan dalam belajar dan yang terakhir adanya
harapan dan cita-cita masa depan. Sedangkan motivasi ekstrinsik, yang pertama
adanya penghargaan dalam proses belajar, yang kedua adanya lingkungan belajar
yang kondusif dan yang terakhir adanya kegiatan belajar yang menarik. Meskipun
proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring karena adanya pandemi
Covid-19 akan tetapi tidak mengurangi semangat peserta didik dalam mengikuti
proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
| Depositing User: | IAIN BONE |
| Date Deposited: | 05 Jul 2022 05:55 |
| Last Modified: | 05 Jul 2022 05:55 |
| URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1149 |
