Qalsum, Ummi (2022) “ABDUL MALIK FADJAR DAN PEMIKIRANNYA TENTANG PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA”. Other thesis, IAIN Bone.
Text
01 SAMPUL (26).pdf Download (18kB) |
|
Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf Download (432kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (20kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
|
Text
08 ABSTRAK (2).pdf Download (15kB) |
|
Text
10 BAB I (1).pdf Download (81kB) |
|
Text
13 BAB IV (1).pdf Download (22kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Abdul Malik Fadjar dan pemikirannya tentang pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia”. Rumusan masalah dalam Penelitian ini yaitu bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Abdul Malik Fadjar, bagaimana bentuk pembaharuan pendidikan Islam menurut Abdul Malik Fadjar dan bagaimana sumbangsih pemikiran Abdul Malik Fadjar tentang pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut Abdul Malik Fadjar, untuk mengetahui bentuk pembaharuan pendidikan Islam menurut Abdul Malik Fadjar dan untuk mengetahui sumbangsih pemikiran Abdul Malik Fadjar tentang pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research), penulis menggunakan metode pedekatan historis dan pendekatan filosofis. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik pengutipan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama konsep pendidikan Islam menurut Abdul Malik Fadjar adalah pendidikan Islam harus melakukan perubahan pada sistem dan manajemen pendidikan Islam serta memobilisasi sumber daya pendidikan, pendidikan menjadi aspek kemanusiaan baik secara fisik-biologis maupun ruhuniyah-psiokologis, pendidikan Islam dapat melahirkan dua kemestian yang strategis yaitu menjaga keharmonisan dengan Allah dan mengembangkan nilai- nilai kemanusiaan, pendidikan Islam memandang manusia yang memiliki fitrah agar menjadi khalifah Tuhan dibumi. Kedua, bentuk pembaharuan pendidikan Islam menurut Abdul Malik Fadjar ada dua yaitu pembaharuan dilingkungan Madrasah, pesantren dan pembaharuan di Perguruan Tinggi. Ketiga, sumbangsih yang dilakukan Abdul Malik Fadjar dalam pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia adalah di Departemen Agama beliau membangun pendidikan agama dan peradilan agama denngan mengeluarkan kebijakan konversi IAIN menjadi UIN, selama menjabat di Departemen Pendidikan Nasional banyak prestasi yang diraih yaitu: mengadakan otonomi pendidikan, merubah beberapa status Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN), menaikkan tunjangan fungsional guru, mengesahkan berubahnya beberapa IAIN menjadi UIN dan mengesahkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan perjuangan beliau dalam penyamaan perlakuan guru dan dosen negeri maupun swasta merupakan perjuangan besar yang sangat sesuai dengan kondisi penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:23 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1168 |
Actions (login required)
View Item |