Putri, Imelda (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION, COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT) PADA SD INPRES 3/77 WATANG LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL.pdf Download (126kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR-TRANSLITERASI.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (336kB) |
|
Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peningkatan hasil belajar melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) serta peningkatan hasil belajar melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik dan sosiologis. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa di SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dikategorikan dalam tiga aspek yakni ranah kongnitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Dari ranah kongnitif guru membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi. Pada ranah apektif guru menetapkan tingkah laku dan kepribadian anak didik. Sedangkan pada ranah psikomotorguru mengembangkan keterampilan (skill) siswa mengembangkan kemampuan siswa bertindak menyelesaikan tugas. 2) Penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kabupaten Bone telah diterapakan melalui pelaksanaan pembelajaran daring. Melalui metode daring ini materi disampaikan secara langsung oleh guru melalui group whatsapp. Aplikasi daring juga membuka ruang diskusi bagi peserta didik yang ingin bertanya di waktu yang sama. Untuk kategori kelas 4,5, dan 6 pembelajaran dilaksanakan dengan sistem diskusi terarah melalui aplikasi daring yang sudah dibuat oleh guru kelas. Peserta didik mendiskusikan materi secara online dengan memposting komentar di group whatsapp. 3) Peningkatan hasil belajar melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dilakukan dengan beberapa tahapan dari proses pembelajaran yakni kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:32 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:32 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1171 |
Actions (login required)
View Item |