PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION, COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT) PADA SD INPRES 3/77 WATANG LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE

Putri, Imelda (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION, COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT) PADA SD INPRES 3/77 WATANG LABOTTO KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR-TRANSLITERASI.pdf] Text
KATA PENGANTAR-TRANSLITERASI.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan hasil belajar melalui penggunaan
media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada
SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tujuan dari
peneliti ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, penggunaan media interaktif
berbasis Information, Communication and Technology (ICT) serta peningkatan hasil
belajar melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication
and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogik dan sosiologis. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara
langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa di SD Inpres 3/77
Watang Labotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone dikategorikan dalam tiga aspek
yakni ranah kongnitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Dari ranah kongnitif guru
membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi. Pada ranah
apektif guru menetapkan tingkah laku dan kepribadian anak didik. Sedangkan pada
ranah psikomotorguru mengembangkan keterampilan (skill) siswa mengembangkan
kemampuan siswa bertindak menyelesaikan tugas. 2) Penggunaan media interaktif
berbasis Information, Communication and Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77
Watang
Labotto
Kabupaten
Bone
telah
diterapakan
melalui
pelaksanaan
pembelajaran daring. Melalui metode daring ini materi disampaikan secara langsung
oleh guru melalui group whatsapp. Aplikasi daring juga membuka ruang diskusi bagi
peserta didik yang ingin bertanya di waktu yang sama. Untuk kategori kelas 4,5, dan
6 pembelajaran dilaksanakan dengan sistem diskusi terarah melalui aplikasi daring
yang sudah dibuat oleh guru kelas. Peserta didik mendiskusikan materi secara online
dengan memposting komentar di group whatsapp. 3) Peningkatan hasil belajar
melalui penggunaan media interaktif berbasis Information, Communication and
Technology (ICT) pada SD Inpres 3/77 Watang Labotto Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone dilakukan dengan beberapa tahapan dari proses pembelajaran yakni
kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:32
Last Modified: 11 Jul 2022 03:32
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item
View Item