YUSRIA, EVI (2022) URGENSI LITERASI AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA NEGERI 2 BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL REVISI PENGUJI-dikonversi (2).pdf Download (12kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR REVISI PENGUJI (2).pdf Download (38kB) |
|
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI REVISI 3 (2).pdf Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK REVISI PENGUJI (1).pdf Download (9kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI REVISI 3 (2).pdf Download (16kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai urgensi literasi al-Qur’an dalam meningkatkan semangat belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Negeri 2 Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, Bagaimana pelaksanaan literasi al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 2 Bone. Bagaimana semangat belajar pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri 2 Bone. Serta bagaimana kontribusi literasi al-Qur’an terhadap semangat belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Negeri 2 Bone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan teologis normatif, paedagogis, dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pelaksanaan literasi al-Qur’an yang diadakan di SMA Negeri 2 Bone telah terlaksana dengan baik dan tertib, yakni dilaksanakan setiap hari Jumat dan telah terjadwal setiap jam pertama di hari Jumat dengan melibatkan 32 ruang kelas. Guru pendidikan agama Islam yang terdiri dari 4 orang secara bergilir memandu dan memimpin literasi al- Qur’an. Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa memiliki pemahaman membaca al- Qur’an dan mengetahui makna al-Qur’an untuk pembinaan spiritual mereka. Kedua Semangat belajar pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri 2 Bone dapat dilihat dari beberapa indikasi, seperti persiapan siswa sebelum mengikuti pelajaran, umpan balik yang cepat diberikan oleh siswa pada proses pembelajaran, serta semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Ketiga kontribusi literasi al-Qur’an terhadap semangat belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Negeri 2 Bone merupakan kunci utama dalam membelajarkan peserta didik pada materi pendidikan agama Islam karena semua materi dasarnya adalah al-Qur’an. Dengan adanya kegiatan ini membuat siswa giat dalam membaca al-Qur'an, memahami maknanya sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat yakni dengan membiasakan perilaku terpuji dan menjauhi perilaku tercela.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 01:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 01:44 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1234 |
Actions (login required)
View Item |