PERAN GURU PAI MEMBINA AKHLAK SISWA DALAM IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DI SMPN 3 AJANGALE KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE

FIKA, . (2022) PERAN GURU PAI MEMBINA AKHLAK SISWA DALAM IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DI SMPN 3 AJANGALE KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
sampul skripsi munaqasyah (5).pdf

Download (10kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI (4).pdf

Download (292kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING (4).pdf

Download (244kB)
[img] Text
daftar isi munaqasyah (3).pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I munaqasyah.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV munaqasyah.pdf

Download (16kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Peran Guru PAI Membina Akhlak Siswa Dalam Implementai Nilai Karakter Religius Di SMPN 3 Ajangale Kecamatan Amali Kabupaten Bone”. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu strategi guru PAI membina akhlak siswa, dampak membina akhlak siswa dalam implementasi nilai karakter religius, faktor penghambat, pendukung dan solusi membina akhlak siswa dalam implementasi nilai karakter religius di SMP Negeri 3 Ajangale. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan paedagogis dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama strategi guru PAI membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Ajangale menggunakan beberapa metode yaitu metode uswah (teladan), mumarasah (pembiasaan), mau’izhah (nasehat), qishah (cerita), dan metode hukuman. Kedua dampak membina akhlak siswa dalam implementasi nilai karakter religius yaitu setelah adanya pembinaan akhlak siswa semakin taat pada perintah Allah dan guru, menjunjung tinggi kesopanan, dan rasa saling tolong menolongnyapun semakin tinggi. Ketiga faktor penghambat dalam implementasi nilai karakter religius membina akhlak siswa yaitu kurangnya alokasi waktu pembelajaran PAI, pengaruh arus globalisasi dan IPTEK, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Sedangkan, faktor pendukungnya yaitu kompetensi guru PAI, kepemimpinan kepala sekolah, dan lingkungan masyarakat yang baik. Adapun solusi yang diberikan yaitu memanfaatkan kegiatan ekstrakulikuler, tidak membawa barang-barang elektronik termasuk mengakses internet kecuali ada tugas dari guru, dan sangat penting pihak sekolah melengkapi sarana dan prasarananya agar pembinaan akhlak dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:49
Last Modified: 08 Aug 2022 01:49
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item