PERAN GURU PAI MEMBINA AKHLAK SISWA DALAM IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DI SMPN 3 AJANGALE KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE

FIKA, . (2022) PERAN GURU PAI MEMBINA AKHLAK SISWA DALAM IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DI SMPN 3 AJANGALE KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of sampul skripsi munaqasyah (5).pdf] Text
sampul skripsi munaqasyah (5).pdf

Download (10kB)
[thumbnail of PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of PENGESAHAN SKRIPSI (4).pdf] Text
PENGESAHAN SKRIPSI (4).pdf

Download (292kB)
[thumbnail of PERSETUJUAN PEMBIMBING (4).pdf] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING (4).pdf

Download (244kB)
[thumbnail of daftar isi munaqasyah (3).pdf] Text
daftar isi munaqasyah (3).pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB I munaqasyah.pdf] Text
BAB I munaqasyah.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of BAB IV munaqasyah.pdf] Text
BAB IV munaqasyah.pdf

Download (16kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Peran Guru PAI Membina Akhlak Siswa
Dalam Implementai Nilai Karakter Religius Di SMPN 3 Ajangale Kecamatan Amali
Kabupaten Bone”. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu strategi
guru PAI membina akhlak siswa, dampak membina akhlak siswa dalam implementasi
nilai karakter religius, faktor penghambat, pendukung dan solusi membina akhlak
siswa dalam implementasi nilai karakter religius di SMP Negeri 3 Ajangale. Metode
penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
paedagogis dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama strategi guru PAI membina
akhlak siswa di SMP Negeri 3 Ajangale menggunakan beberapa metode yaitu metode
uswah (teladan), mumarasah (pembiasaan), mau’izhah (nasehat), qishah (cerita), dan
metode hukuman.
Kedua dampak membina akhlak siswa dalam implementasi nilai karakter
religius yaitu setelah adanya pembinaan akhlak siswa semakin taat pada perintah
Allah dan guru, menjunjung tinggi kesopanan, dan
rasa
saling tolong
menolongnyapun semakin tinggi.
Ketiga faktor penghambat dalam implementasi nilai karakter religius
membina akhlak siswa yaitu kurangnya alokasi waktu pembelajaran PAI, pengaruh
arus globalisasi dan IPTEK, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Sedangkan, faktor pendukungnya yaitu kompetensi guru PAI, kepemimpinan kepala
sekolah, dan lingkungan masyarakat yang baik. Adapun solusi yang diberikan yaitu
memanfaatkan kegiatan ekstrakulikuler, tidak membawa barang-barang elektronik
termasuk mengakses internet kecuali ada tugas dari guru, dan sangat penting pihak
sekolah melengkapi sarana dan prasarananya agar pembinaan akhlak dapat berjalan
dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:49
Last Modified: 08 Aug 2022 01:49
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item
View Item