PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKS TV WATAMPONE KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE

HERMAN, HESTY RAMADHANI (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKS TV WATAMPONE KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
PERNYATAAN-PENGASAHAN.pdf

Download (489kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
TRANSLITERASI DAN SINGKATAN SKRIPSI.pdf

Download (108kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS TV Watampone Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone”. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini pertama, adalah Peran Guru PAI dalam Membina Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kedua, Metode Guru PAI dalam Membina Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan ketiga, Faktor Pendukung dan Penghambat Guru PAI dalam Membina Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS TV Watampone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian jenis penelitian yang yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan pendekatan psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Peran guru PAI di SMKS TV Watampone sudah berperan sangat baik terkhusus pada peran guru sebagai fasilitator, motivator dan sebagai pembimbing. Kedua, Metode Guru PAI dalam Membina Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS TV Watampone terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kegiatan religius dalam sekolah yaitu membaca Al-qur’an, shalat secara berjamaah dan pelaksanaan Tadabbur Al-qur’an. Ketiga, Faktor pendukung dalam membina karakter religius siswa melalui pembelajaran pendidikan agama Islam adalah adanya hubungan kerjasama guru dan orang tua, adanya keprofesionalan guru pendidikan agama Islam, serta pihak sekolah yang terus menerus berupaya dalam membina karakter religius siswa dengan tujuan terciptanya sumber daya manusia yang produktif, kreatif, inovatif, beriman dan bertaqwa. Kemudian Faktor penghambat dalam membina karakter religius siswa melalui pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu diakibatkan oleh kepribadian siswa itu sendiri dan juga diakibatkan oleh pengaruh keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:34
Last Modified: 29 Aug 2022 01:34
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item