STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN JASA PADA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Fatimah Make Up Bone)

Burhanuddin, Andi Sasmita (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN JASA PADA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Fatimah Make Up Bone). Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
pra bab.pdf

Download (701kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana manajemen pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Fatimah Make Up Bone dalam meningkatkan pelayanan jasa pada perspektif ekonomi islam. 2) Apa saja kendala yang dihadapi Fatimah Make Up Bone dalam mengembangkan usaha yang dijalankan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari pemiliki usaha Fatimah Make Up Bone. Meode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan informasi adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis data interaksi. Dalam hal ini, komponen data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Adapun langkah-langkah dalam analisis data interaksi yaitu reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi pengembangan yang dilakukan oleh Fatimah Make Up Bone meliputi, pemilihan produk make up, penetapan harga, memperluas pasar target, melakukan inovasi secara berkala,meningkatkan sumber daya manusia, mengatur perencanaan keuangan, memberikan pelayanan yang baik, memasarkan bisnis serta melakukan pengamatan hasil. 2) kendala yang seringkali dihadapi dalam usaha make up artis terdiri dari kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal terdiri dari kesulitan membagi waktu, mencari inspirasi make up dan pengelolaan keuangan. Sedangkan kendala eksternal terdiri dari, kesulitan dalam menemukan tenaga kerja yang ahli tentang make up dan sebagian besar pesaing adalah make up artis yang usahanya jauh lebih besar dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:13
Last Modified: 11 Mar 2022 01:13
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item