ANALISIS PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK MUAMALAT KCP BONE DENGAN PENDEKATAN SWOT

Novian, Andi Citra (2022) ANALISIS PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK MUAMALAT KCP BONE DENGAN PENDEKATAN SWOT. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (938kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (32kB)
[img] Text
keaslian.pdf

Download (27kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (43kB)
[img] Text
ABSTRAK DLL.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang produk tabungan iB hijrah haji pada Bank Muamalat KCP Bone dengan pendekatan swot yang merupakan bentuk analisis situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran) sehingga bank bisa mengetahui apa yang menjadi kekuatan kelemahan ancaman dan peluang yang mereka milikimengingat Kuota haji dan biaya haji yang terus meningkat setiap tahunnya membuat masyarakat terkendala dalam pemberangkatan haji. Penelitian ini bertujuan agar pihak Bank maupun Nasabah mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang,dan ancaman produk Tabungan iB Hijrah Haji yang ada di Bank Muamalat KCP Bone dalam meningkatkan jumlah nasabah yang ingin membuka rekening tabungan haji, dan meningkatkan promosi agara produk Tabungan iB Hijrah Haji diketahui oleh seluruh masyarakat. Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data melalui teknik reduksi data, menyajikan data yang terpilih secara keseluruhan, kemudian menarik kesimpulan. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan swot menunjukkan bahwa tabungan iB hijrah haji pada Bank Muamalat KCP Bone memiliki kekuatan yaitu pelayanan dan respon pegawai yang baik dan cepat setoran awal dan saldo minimal tidak ada biaya penutupan rekening gratis serta bebas biaya administrasi Kelemahannya yaitu kurangnya promosi dan sosialisasi dikalangan masyarakat serta kurangnya SDM pemasaran produk tabungan iB hijrah haji Peluangnya yaitu masyarakat Bone yang mayoritas islam lokasi yang strategis dikarenakan berada ditengah kota serta minat masyarakat untuk berangkat haji semakin meningkat Ancamannya yaitu persaingan antar produk yang semakin banyak serta lokasi antar bank yang saling berdekatan, serta adanya penundaan pemberangkatan haji dimasa pendemi covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Perbankan Syariah (PS)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 20 Mar 2022 23:54
Last Modified: 20 Mar 2022 23:54
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item