IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 20 BONE

Reni, . (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 20 BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
01 SAMPUL.pdf

Download (93kB)
[img] Text
02 pernyataan.pdf

Download (125kB)
[img] Text
03 persetujuan.pdf

Download (115kB)
[img] Text
04 PENGESHAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (94kB)
[img] Text
09 BAB IV.pdf

Download (89kB)
[img] Text
06 BAB I.pdf

Download (325kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Strategi Pembelajaran Exsperiential Learning Pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X di SMA Negeri 20 Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui guru PAI di SMP Negeri 20 Bone, dan untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran Experiential Learning pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan percaya diri siswa di SMP Negeri 20 Bone. Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang mengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang diguanakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dari peneliti tentang penerapan strategi pembelajaran Experiential Learning pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan percaya diri siswa kelas X di SMA Negeri 20 Bone menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi experiental learning di SMA Negeri 20 Bone menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran Experiential Learning relevan dengan teori David Kolb. Pada mata pelajaran PAI penerapan keempat tahapan strategi pembelajaran yaitu menyangkut, pengalaman konkret, observasi refleksi, konseptualisasi abstrak, dan percobaan aktif. Tahapan terakhir pendidik selalu melakukan evaluasi materi pembelajaran 2) Adapun percaya diri siswa dalam penerapan strategi pembelajaran Experiential Learning pada proses pembelajaran, siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran terlihat dari partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Berani dalam mengungkapkan ide-ide yang ada dalam pikiran dan kemudian guru meluruskan pendapat yang kurang tepat dari siswa. Hasil penelitian tersebut berarti bahwa penerapan strategi pembelajaran Experiential Learning pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan percaya diri siswa kelas X di SMA Negeri 20 Bone berjalan dengan lancar dan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:51
Last Modified: 25 Mar 2022 01:51
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item