IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 20 BONE

Reni, . (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 20 BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of 01 SAMPUL.pdf] Text
01 SAMPUL.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 02 pernyataan.pdf] Text
02 pernyataan.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 03 persetujuan.pdf] Text
03 persetujuan.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 04 PENGESHAN.pdf] Text
04 PENGESHAN.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 05 KATA PENGANTAR.pdf] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 09 BAB IV.pdf] Text
09 BAB IV.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 06 BAB I.pdf] Text
06 BAB I.pdf

Download (325kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Strategi Pembelajaran
Exsperiential Learning Pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Percaya Diri
Siswa Kelas X di SMA Negeri 20 Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni untuk mengetahui guru PAI di SMP Negeri 20 Bone, dan untuk mengetahui
implementasi strategi pembelajaran Experiential Learning pada pembelajaran PAI
dalam meningkatkan percaya diri siswa di SMP Negeri 20 Bone.
Untuk
memudahkan
memecahkan
masalah
tersebut,
penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif melalui field research (riset lapangan)
yang mengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang diguanakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian dari peneliti tentang penerapan strategi pembelajaran
Experiential Learning pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan percaya diri
siswa kelas X di SMA Negeri 20 Bone menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi
experiental learning di SMA Negeri 20 Bone menunjukkan bahwa pelaksanaan
strategi pembelajaran Experiential Learning relevan dengan teori David Kolb. Pada
mata pelajaran PAI penerapan keempat tahapan strategi pembelajaran yaitu
menyangkut, pengalaman konkret, observasi refleksi, konseptualisasi abstrak, dan
percobaan aktif. Tahapan terakhir pendidik selalu melakukan evaluasi materi
pembelajaran 2) Adapun percaya diri siswa dalam penerapan strategi pembelajaran
Experiential Learning pada proses pembelajaran, siswa sangat antusias dalam
mengikuti proses pembelajaran terlihat dari partisipasi siswa dalam menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh guru. Berani dalam mengungkapkan ide-ide yang
ada dalam pikiran dan kemudian guru meluruskan pendapat yang kurang tepat dari
siswa.
Hasil penelitian tersebut berarti bahwa penerapan strategi pembelajaran
Experiential Learning pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan percaya diri
siswa kelas X di SMA Negeri 20 Bone berjalan dengan lancar dan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:51
Last Modified: 25 Mar 2022 01:51
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item
View Item