Hidayatullah, Nur (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MIN 7 BONE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
05. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
01. SAMPUL.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi strategi CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam proses pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7 Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran siswa kelas V MIN 7 Bone; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7 Bone. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak terkait. Selanjutnya dianalisis dengan cara 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran siswa kelas V MIN 7 Bone dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari langkah yang dilakukan guru yakni mengembangkan meode belajar mandiri, melaksanakan penemuan baru dalam pembelajaran, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, menciptakan masyarakat belajar, menghadirkan model dalam pembelajaran serta melakukan refleki terhadap mata pelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7 Bone berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator), guru memotivasi peserta didik dengan menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran sekarang dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 09 May 2022 01:24 |
Last Modified: | 09 May 2022 01:24 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/993 |
Actions (login required)
View Item |