ANALISIS MINAT NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN CABANG BONE (Studi Pada Kondisi Pandemi Covid-19 Tahun 2020-2021)

Wahdaniah, Sri (2022) ANALISIS MINAT NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN CABANG BONE (Studi Pada Kondisi Pandemi Covid-19 Tahun 2020-2021). Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of sampul 1 (1).pdf] Text
sampul 1 (1).pdf

Download (17kB)
[thumbnail of PERSETUJUAN.pdf] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR-3 terbaru.pdf] Text
KATA PENGANTAR-3 terbaru.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI (33).pdf] Text
DAFTAR ISI (33).pdf

Download (84kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB.pdf] Text
PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of ABSTRAK (20).pdf] Text
ABSTRAK (20).pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB I (39).pdf] Text
BAB I (39).pdf

Download (27kB)
[thumbnail of BAB V (10).pdf] Text
BAB V (10).pdf

Download (15kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan
Emas Di Pegadaian Cabang Bone (Studi Pada Kondisi Pandemi Covid-19 Tahun
2020-2021)”. adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor
yang mempengaruhi nasabah untuk memilih produk tabungan emas di Pegadaian
Cabang Bone dan untuk mengetahui minat nasabah memilih produk tabungan emas
di Pegadaian Cabang Bone pada kondisi pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penilitian lapangan (Field Research),
dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi
wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dengan reduksi data,
penyajian data serta penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa faktor yang bisa mempengaruhi
nasabah untuk memilih produk tabungan emas di Pegadaian Cabang Bone, yakni
faktor promosi dengan adanya promosi seperti media cetak, media sosial dan tatap
muka sangat mempengaruhi nasabah/masyarakat untuk menggunakan jasa yang ada
di pegadaian cabang Bone dalam melakukan segala macam transaksi secara terus
menerus atau berulang, faktor lokasi dengan adanya adanya akses transportasi,
tersedianya lahan parkir, lokasi yang strategi, dan berdekatan dengan pusat
perbelanjaan lebih menarik nasabah, faktor pengetahuan akan tabungan emas dengan
adanya hal ini nasabah lebih merasa nyaman dan aman melakukan investasi emas
lewat tabungan emas, dan terkahir faktor pelayanan sebab pelayanan yang baik akan
membuat nasabah ingin terus mengunakan jasa produk dan layanan yang ada di
pegadaian cabang Bone. Minat nasabah memilih produk tabungan emas di pegadaian
cabang Bone pada kondisi pandemi covid-19 semakin meningkat dari tahun
sebelumnya melihat pandemi ini tidak tahu kapan akan berakhir, selain karena
beberapa faktor yang mendukung nasabah memilih produk tabungan emas karena
emas merupakan suatu benda yang memiliki harga tinggi, terus di pegadaian cabang
Bone tidak hanya melayani para nasabah secara langsung tetapi bisa lewat aplikasi,
serta melakukan tabungan emas dimasa pandemic covid 19 sangat membantu dalam
mengatasi prekonomian sebab tidak menggunakan modal yang besar dan semua
kalangan masyarakat dapat melakukannya. Maka dari itu implikasi dari penelitian ini
implikasi kepada Pegadaian Cabang Bone untuk memperhatikan faktor-faktor
pendukung yang lainnya agar lebih membuat masyarakat atau calon nasabah tertarik
dalam menggunakan jasa produk dan layanan yang ada di Pegadaian Cabang Bone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Perbankan Syariah (PS)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 09 May 2022 03:23
Last Modified: 09 May 2022 03:23
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item
View Item