URGENSI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR FIKIH SISWA MTS DAARUL QURAN PAJALELE KABUPATEN BONE

Karmila, . (2022) URGENSI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR FIKIH SISWA MTS DAARUL QURAN PAJALELE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (137kB)
[img] Text
PERSETUJUAN-PENGESAHAN.pdf

Download (454kB)
[img] Text
bagian depan.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (253kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Urgensi Penerapan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Mts Daarul Quran Pajalele Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk pelaksanaan metode active learning pada siswa kelas VIII Mts Daarul Quran Pajalele, keaktifan belajar fikih siswa kelas VIII Mts Daarul Quran Pajalele dan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode active learning Mts Daarul Quran Pajalele. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogis dan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Penerapan metode active learning dalam pembelajaran fikih di Mts Darul Quraan Pajalele Kabupaten Bone. Metode ini telah diterapkan oleh guru kelas VIII di Mts Darul Quraan Pajalele Kabupaten Bone, dengan cara membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kemudian menyajikan siswa pertanyaan yang kemudian diberikan kebebasan untuk mengeluarkan pendapatnya dari pertanyaan yang diberikan dan guru menyeleksi pendapat dari siswa, metode active learning memberikan dampak positif terhadap siswa yakni siswa lebih siswa tetap dibimbing dengan menjelaskan poin-poin penting dalam materi pembelajaran. 2) Keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode active learning memberikan dampak positif terhadap siswa yakni siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran fikih di kelas VIII. 3) Faktor penghambat penerapan metode active learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fikih siswa yaitu kelas yang tidak kondusif dan daya serap siswa yang berbeda-beda, sedangkan faktor pendukungnya yaitu besarnya antusias siswa dan semangat siswa dalam melaksanakan pembelajaran fikih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:53
Last Modified: 09 Jun 2022 02:53
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item