URGENSI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR FIKIH SISWA MTS DAARUL QURAN PAJALELE KABUPATEN BONE

Karmila, . (2022) URGENSI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR FIKIH SISWA MTS DAARUL QURAN PAJALELE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of PERSETUJUAN-PENGESAHAN.pdf] Text
PERSETUJUAN-PENGESAHAN.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of bagian depan.pdf] Text
bagian depan.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (253kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Urgensi Penerapan Metode Active Learning
Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Mts Daarul Quran Pajalele Kabupaten Bone.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk pelaksanaan metode active
learning pada siswa kelas VIII Mts Daarul Quran Pajalele, keaktifan belajar fikih
siswa kelas VIII Mts Daarul Quran Pajalele dan faktor pendukung dan penghambat
penerapan metode active learning Mts Daarul Quran Pajalele.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan deskriptif. Teknik pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Penerapan metode active learning
dalam pembelajaran fikih di Mts Darul Quraan Pajalele Kabupaten Bone. Metode ini
telah diterapkan oleh guru kelas VIII di Mts Darul Quraan Pajalele Kabupaten Bone,
dengan cara membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kemudian menyajikan
siswa pertanyaan yang kemudian diberikan kebebasan untuk mengeluarkan
pendapatnya dari pertanyaan yang diberikan dan guru menyeleksi pendapat dari
siswa, metode active learning memberikan dampak positif terhadap siswa yakni
siswa lebih siswa tetap dibimbing dengan menjelaskan poin-poin penting dalam
materi pembelajaran. 2) Keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode active
learning memberikan dampak positif terhadap siswa yakni siswa lebih aktif dalam
proses pembelajaran fikih di kelas VIII. 3) Faktor penghambat penerapan metode
active learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fikih siswa yaitu kelas yang
tidak kondusif dan daya serap siswa yang berbeda-beda, sedangkan faktor
pendukungnya yaitu besarnya antusias siswa dan semangat siswa dalam
melaksanakan pembelajaran fikih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:53
Last Modified: 09 Jun 2022 02:53
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item
View Item