Jumasni, . (2022) STRATEGI REMAJA MASJID DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI DAKWAH TERHADAP ANAK TK/TPA MASJID JAMI BABUSSA’ADAH DESA CAREBBU KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
01 SAMPUL.pdf
Download (24kB)
PERNYATAAN.pdf
Download (401kB)
PERSETUJUAN.pdf
Download (402kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (501kB)
05 KATA PENGANTAR.pdf
Download (20kB)
06 DAFTAR ISI.pdf
Download (15kB)
07 ABSTRAK.pdf
Download (16kB)
08 DAFTAR TRANSLITERASI DAN SINGKATAN.pdf
Download (116kB)
09 BAB I.pdf
Download (74kB)
12 BAB IV.pdf
Download (17kB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Strategi Remaja Masjid Dalam Menanamkan
Nilai-nilai Dakwah Terhadap Anak TK/TPA Masjid Jami Babussa’adah Desa
Carebbu Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai dakwah yang
ditanamkan
oleh remaja masjid Jami Babussa’adah Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone terhadap anak didik TK/TPA.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis kualitatif yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Metode dakwah yang digunakan oleh
Remaja Masjid Jami Babussa’adah adalah metode dakwah bil-lisan dan bil hal.
Kedua metode ini digunakan oleh Remaja Masjid Jami Babussa’adah Desa Carebbu
Kecamatan Awangpone dalam menanamkan nilai-nilai dakwah terhadap anak didik
TK/TPA-nya. 2) Nilai-nilai dakwah yang ditanamkan oleh remaja masjid Jami
Babussa’adah Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
terhadap anak didik
TK/TPA-nya yakni: pentingnya menghargai orang tua,pentingnya sopan santun
terhadap guru, pentingnya menjaga kebersihan dan pentingnya sikap kemandirian
anak. 3) Hambatan yang dihadapi oleh Remaja Masjid dalam menanamkan nilai-nilai
dakwah anak TK/TPA masjid Jami Babussa’adah Desa Carebbu Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone yakni anak-anak tidak mematuhi peraturan yang telah
ditetapkan. Terutama pada saat pelajaran berlangsung banyak anak yang saling
berkomunikasi sehingga mengabaikan apa yang di sampaikan oleh gurunya. Adapun
solusi yang dilakukan Remaja Masjid Jami Babussa’adah dalam menangani hal
tersebut, mengambil sebuah langkah strategis dalam pembelajaran dengan cara
membagi anak-anak didiknya dengan beberapa kelompok, kemudian di ajar ditempat
terpisah agar lebih mudah dalam mengajar dan apa yang disampaikan bisa dicerna
dengan baik oleh anak didiknya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah (FUD) > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
| Depositing User: | IAIN BONE |
| Date Deposited: | 28 Jun 2022 00:36 |
| Last Modified: | 28 Jun 2022 00:36 |
| URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1120 |
