Amisdar, . (2022) PERANAN ORGANISASI ROHIS DALAM MENCEGAH PEMAHAMAN RADIKAL PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL-TRANSULITERASI.pdf Download (7MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (753kB) |
|
Text
BAB 4-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan organisasi Rohis berdasarkan Peraturan Menteri Agama 912 di SMK Negeri 7 Bone, bagaimana upaya pencegahan paham radikal di SMK Negeri 7 Bone dan bagaimana peranan organisasi Rohis dalam mencegah paham radikal di SMK Negeri & Bone. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran organisasi Rohis dalam mencegah pemahaman radikal, adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajeman, pendekatan sosiologis dan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi Adapun yang menjadi sumber data primer dalam skripsi ini yakni kepala sekolah, Pembina Rohis dan peserta didik dan adapun teknik pengelola data yaitu tahap reduksi, penyajian data (display dat),Triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari peneliti tentang peranan organisasi Rohis dalam mencegah pemahaman radikal pada peserta didik di SMK Negeri 7 Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap kepribadian, dalam menanamkan nilai-nilai agamis sudah cukup baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pernyataan yang diungkapkan oleh narasumber bahwa dalam menanamkan nilai-nilai agamis yaitu memberikan pelajaran kepada peserta didik bukan sekedar memberikan saja, akan tetapi disertai dengan pengamplikasian dan menjadi contoh yang baik. Berjiwa sosial, bahwa kegiatan- kegiatan Rohis yang dilakukan di SMK Negeri 7 Bone sudah cukup baik. Kegiatan- kegiatan yang dilakukan cukup menarik. Hal tersebut bagi peneliti sendiri mampu mencegah hal-hal yang bersifat radikal. Berjiwa kepemimpinan, dalam memberikan sikap nasionalis dapat dilakukan dengan melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, menghormati jasa-jasa pahlawan dengan cara menjaga fasilitas kelas, menghormati guru serta masih banyak lagi.Dengan sifat nasionalisme ini peserta didik diharapkan mampu mengaplikasikan pada kehidupan sehari-hari sehingga dapat mencegah pemahaman radikal Adapun upaya pencegahan pemahaman radikal yaitu memberikan pembelajaran serta penguatan pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan dan kajian-kajian yang dilaksanakan oleh organisasi Rohis itu sendiri dan pelaksanaan organisasi Rohis sudah sesuai dengan peraturan menteri agama (PMA) 912
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 00:40 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 00:40 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1121 |
Actions (login required)
View Item |