PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PALAMPANG BULUKUMBA

Nadira, . (2022) PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PALAMPANG BULUKUMBA. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (146kB)
[img] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN(1).pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (979kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (979kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palampang Bulukumba. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peran manajemen sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palampang Bulukumba, 2) untuk mengetahui pelayanan siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palampang Bulukumba, dan 3) untuk mengetahui peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palampang Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif (qualitative research), Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, display data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran manajemen sumber daya manusia ini dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat dari strategi-strategi yang dilakukan tenaga pendidik dan kependidikan baik dalam proses pembelajaran maupun di luar ruangan. 2) Mutu pelayanan siswa dilihat dari segi dimensinya yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dalam sebuah lembaga pendidikan. Dengan segala kekurangan sarana dan prasarana tersebut tenaga pendidik dan kependidikan mampu memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di madrasah tersebut. 3) Peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa itu tenaga pendidik dan kependidikan menggunakan segala cara untuk memberikan layanan yang baik kepada siswa, baik dari segi keandalan dan lain sebagainya. Seperti pada layanan laboratorium MIPA, tenaga pendidik dan kependidikan menyediakan ruangan darurat untuk melaksanakan proses pembelajaran MIPA di madrasah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:00
Last Modified: 04 Jul 2022 03:00
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item