ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PENJUALAN IKAN BANDENG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DIDESAPASAKA KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Adri, . (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PENJUALAN IKAN BANDENG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DIDESAPASAKA KECAMATAN SIBULUE KABUPATEN BONE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (399kB)
[img] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran penjualan ikan bandeng dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone menurut perspektif ekonomi Islam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data primer yang diperoleh langsung dari pelaku usaha ikan bandeng di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen resmi yang mendukung data-data penelitian yang dapat berupa jurnal, artikel, peraturan-peraturan hukum, serta dokumentasi lapangan. Metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara, yang selanjutnya data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian lapangan yang dilakukan pada pelaku budidaya ikan bandeng di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone bahwa strategi pemasaran yang diterapkan dalam kegiatan penjualan guna meningkatkan pendapatan keluarga adalah dengan bauran pemasaran atau mix marketing, seperti product (produk), price (harga), place (saluran distribusi), dan promotion (promosi). Dari strategi pemasaran yang diterpkan tersebut mampu meningkatkan pendapatan keluarga sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga, seperti kebutuhan makan, biaya pendidikan, serta kebutuhan kesehatan keluarga. Namun, penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku budidaya ikan bandeng tersebut menghadapi kendala, seperti kelemahan dalam memperoleh modal usaha, kondisi jalan dekat usaha yang rusak, ancaman pesaing baru, harga pakan ikan yang mahal, serta iklim yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Perbankan Syariah (PS)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:59
Last Modified: 20 Jul 2022 03:59
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item